Belajar di Twitter
Yup, saya punya mentor. Ideally, tiap orang ada mentor walau cuma sesi setengah jam. Minimal kalo memang ngga sempet semua orang harus ada mental ‘mau belajar’ dari orang lain. That’s why Twitter adalah tempat saya belajar ketimbang sharing. Rela ngefollow ribuan designer luar karena buat saya bukan ‘image’ yang penting, tapi ada hal yang berharga -walau ngga selalu berharga isinya- yang bahkan gratis. Jadi buat saya ngga masalah ngefollow ribuan rata-rata designer, beberapa juga ngefollow penggiat atau founder startup/tech supaya kita paham bisnis juga.
*intermezo, walau ngga penting. I’m writing this while wearing the sunglasses (minus) 🕶 at 11 pm, because I forget where I put my daily glasses 🤷🏻♀️🤓
Kalau di instagram, hmm…follow juga sih tapi ngga banyak designernya, nyampur juga sama bidang kaya akun islami, ilustrasi, meme 🤭, komedi (tim IrmaSrie lol) dan semua hal soal kehidupan dll, dan juga karena lebih banyak designer-designer baru kalau instagram, dan terlalu bercampur. Memang belajar itu bisa juga sama yang lebih baru, apalagi dari segi teknis, ngga ada alasan yang bertahun-tahun lebih jago. Itu kan teknis, biasanya sama aja atau belum tentu lebih jago yang lama. Dan di instagram itu walau beberapa memang saya follow, tapi beda ya kemasannya kalo di instagram, terlalu dikemas kaya barang-barang di supermarket namun berupa konten, even saya pun punya akun UX di instagram, dan justru bukan yang gitu saja yang saya butuhkan.
Di Twitter suka dapet insight-insight murni, autentik dan pribadi, spontan mengenai desain dan profesional yang cuma ada di Twitter. Tentunya bukan berarti semua benar. So far yang saya dengerin yang waras-waras aja yang untungnya lebih banyak yang waras daripada yang suka ‘menyakiti orang’.
ADPList
Ok, singkat cerita saya dapet mentor tentu saja dari ADPList juga hehe…sebelum ada ADPList, saya sempat ingin sekali punya mentor walau cuma ngobrol sebentar misalnya. Karena pegel juga nih kalo cuma saya terus yang balesin DM untuk sharing (dulu dm ya, ka formatnya). Dan rasa ingin belajar itu pasti ada, belum lagi bingung gimana mulainya dan ke siapa. Akhirnya setelah ada ADPList, saya memutuskan cari mentor yaitu tepat ketika saat saya diterima kerja (remote lagi) di Mainteny.com, yang ternyata posisinya jadi Lead Design. Jadi pas ngelamar saya lamar-lamar aja dulu kan hehe, lagipula job descriptionnya kayanya ngga terlalu spesifik soal leadership total sih,…dan toh, biasanya kan Lead di startup kecil itu kaya designer yang sendirian gitu. Memang kalo di startup kecil atau baru, lead design itu (bahkan yang embel-embel Head) biasanya bisa jadi dia sendirian, atau setidaknya tetep merangkap. Dan memang seperti itu kenyataannya, tetep merangkap. Tapi untungnya ngga dapet titel yang terlalu muluk-muluk, jadi masih make sense dan ngga dibuat-buat (ini suka jadi bahan omongan di luar, walaupun menurutku yah maklumi aja, karena titel CEO-nya aja baru kemarin sore ibaratnya dia buka startupnya, jadi fairlah.)
However,
Namun ternyata literally ada bagian yang memang job desknya beneran leading, termasuk hiring. Dan saya juga cukup surprise sama isi interviewnya saat itu, koq gini isi interviewnya. Setelah diterima saya panik hehe…akhirnya saya cari mentor, seorang Design Lead yang ternyata dia juga setelah saya book mentoring, dia baru keterima juga di Atlassian sebagai design manager. Ternyata gugup juga ya, dek kalo jadi mentee….
Pertanyaan saya untuk beliau adalah saya harus gimana ketika leading design di startup kecil, terutama di hari pertama, minggu pertama, bulan pertama dst, ada rasa bingung untuk ngimbangin antara ngerjain teknis dan leading, dan ada sisi saya ngerasa ‘salah’ ketika ngga terlalu ngerjain teknis, seperti gabut.
Yang saya ingat, beliau bilang, nanti pasti banyak nemu kekurangan. Ngga perlu dibenerin semua sekaligus, satu-satu aja dibuat prioritas yang mana yang paling urgent. Lagipula ngga mungkin juga kan dibenerin sekaligus semua. Lalu minta feedback rutin. Lebih efektif adakan juga call daripada chat terus-terusan jika dibutuhkan. Bisa jadi jika startup kecil hire leader itu tahu yang mereka butuhkan atau bahkan ngga tau butuhnya apa, jadi kitanya yang figure out tapi ngga perlu sekaligus semua. Lalu ukur dan lihat di level mana design maturity levelnya (berdasarkan NNGroup) lalu coba naikan satu level,
…which itu berat sih wehehe (berat karena kita berhadapan sama manusia ya, dimana empati kita juga harus jalan, bukan soal benar dan salah aja, bukan cuma hitam dan putih aja)…untungnya core-team di tempatku kerja cukup kooperatif dan support, ngga terlalu jual mahal sama UX.
Tiba-tiba beneran sendirian
Di beberapa hari pertama kerja, ternyata ngga sesuai dengan apa yang dibayangkan karena designernya resign (karena alasan pribadi, menikah dan pindah domisili, sambil lanjut kuliah), yang intern juga tidak dilanjut, jadi hanya 3 mingguan sama saya. Dengan hire intern dan designer baru pun, mereka cukup ambil resiko sih untuk startup baru, akhirnya ketika saya masuk memang banyak PR nya. Saat itu saya bilang dalam bentuk presentasi, bahwa jangan dulu lagi hire intern di saat krusial, walaupun saya ngerti mereka bilang karena budget awal. Tapi intinya jangan dulu dalam waktu dekat sampai team design growing.

Dan alhamdulillah bisa juga diberesin satu-satu. Di saat saya masuk, di saat itu pula hektik dan sedang dikejar deadline supaya startup ini dapet paid user dan next funding dari investor. Alhamdulillah tercapai juga. Dengan dibantu freelance designer 4 orang, dari India 2, Ukraina 1 (living at Poland), dan Kroasia. Yang Kroasia ini dia sambil kerja juga di big tech sana. Jujurly, hampir semua kerjaan teknis dikerjain mereka ber4 ini. Saya ngerjain juga, tapi pas lagi ngga ada yang bisa ngerjain atau ketika mereka belum ada. Saya sempat bingung, wah pertanda buruk apa baik nih. Kalau saya ngerjain teknisnya dikit. Startup baru gitu lho, tingkat keparnoan dan berserah diri padaNya lebih mudah tergali secara psikologis ketimbang jadi PNS walaupun, ganjaran positifnya tentu ada ya kerja di tech itu. Betul, rejeki mah dari Allah, namun ibaratnya kekhawatiran meningkat ketika kita di udara atau laut daripada di darat. Seperti itu kira-kira. Walaupun lebih ‘wah’. Namun ternyata ini memang diniatkan begitu, entah ada angin apa, mungkin para C level abis baca artikel mana, atau dapet advice darimana, apalagi ada investor. Jadinya pekerjaan teknis saya dikatakan, hanya jika tidak ada para freelancers tsb yang bisa, so far.
Leading component 😆
Sementara para freelancer mengerjakan desain page by page, saya lebih ke mengurus komponen dan design system yang sebelumnya berantakan. Ini juga sebtulnya hal baru buat saya, sebelumnya make doang design system tuh kan, duh. Tapi gpp, kalo ngga gitu siapa lagi. Design system sebetulnya pake yang premium, bukan built from scratch, tapi penempatan customize versionnya, penggunaan elemen komponen variannya dll, itu belum konsisten dan berantakan. Bahkan sampai dikeluhkan oleh programmer. Jujurly lagi, (jangan muak ya baca ‘Jujurly’, saya muak namun karena itu justru saya tulis), hal ini seperti bukan bidang khusus spesifik saya, bukan favorit dalam desain -tadinya-, bahkan sempat ragu, ternyata ketika dijalani asyik juga, sih. Ngerapi-rapiin, beres-beresin komponen dan berpikir gimana biar lebih konsisten, rapi dan efektif, serba praktis dan tepat guna bagi designer dan developer…itu ternyata asyik juga. Malah jadi sempat mikir, kayanya jadi IC always enak. Memang ada sih ya design system manager, walau ngga sampe sana juga sih mikirnya.

Ketika saya inisiatif bikin rules di Notion soal pemakaian komponen, alhamdulillah lead developernya menyambut baik. Kirain biasa aja gitu kan, wong cuma dokumentasi di Notion, tapi sambil dipikirin juga, antara yang udah ada, belum ada, dan yang saya tentukan. Dan beliau bilang ‘This is great’, helpful. Beliau juga bilang bahwa sekarang desainnya jadi lebih konsisten, padahal dalem hati kan elu juga yang minta deh. Minta di sini bukan nyuruh sih, melainkan begitu saya masuk, langsung dikasih list yang intinya kaya ‘Current Design Challenge: Kendala handoff design-development selama ini’ 😱, cukup kaged pas dikasih. Niat amat gitu kan, mereka sebagai developer startup kecil.

Lalu teringat twitt ini sih tadi:
Oh, jadi kalau based on this twitt, yg sebelumnya secara visual instagrammable tapi ngga efektif gitu? ngga, emang ga rapi dan ga efektif juga wkwk…ya wajar koq mereka designer baru lahir lalu diminta desain B2B, sekaligus manage design systemnya juga, apa ngga mabok. Segitu juga saya udah salut dengan apa yang udah dibuat walau masih harus tambal sana sini.
*Update: lupa, sebelum saya join mereka udah jalan bikin custom design system (DS) based on premium DS dengan hire small design agency dari London untuk web dan mobile, tapi so far yang dipake mobile dengan premium DS yang beda dengan web. Kalau versi web kaya masih kurang sreg atau kurang efektif dan juga stylenya jadi agak rubah nuansanya walaupun based on existing premium DS. Mungkin punya subjektifitas masing-masing juga. Cuma ya itu tadi yang twitt di atas…terlepas itu bisa jadi karena permintaan juga.
Saya nemu artikel pendukung soal ini yang sepemikiran dan bisa ngegambarin situasinya:
To avoid this, build simple components. And teach them through documentation how to create more complex variants, “patterns”, by themselves.
For example: Create Tabs that the teams can then add to their cards, panels, pages, etc… Do not create “patterns” made up of the union of several components, as you will be designing patterns that can change for each product. -Marta Conde
Dan berhubung designer lainnya freelancer, tentu ownership mereka ngga full ya, dan itu wajar, jadi hanya mengerjakan apa yang diminta. Tentu inisiatif boleh dan diharapkan tapi tetap saja ibarat mereka tamu, ‘ngga juga’ bisa dibilang gpp. Tanggung jawabnya teknis saja, sehingga saya pun tidak bertanggungjawab atas growing dan hiringnya mereka. Mereka dihire sebegitu cepat dan nge-cut segala proses hiring untuk fulltime, bahkan tanpa pantauan saya, karena ditambah pula kondisinya sedang urgent. Basa basi dari atasan sih ada, bahwa terpaksa dihire dengan nge-cut birokrasi dan proses pada umumnya. Saya pun ngga masalah dan sangat mengerti. Memang gila-gilaan sih deadlinenya. Tapi kalau dikerjakan ber4 ya sangat meringankan jadinya.
Sekarang freelancers sedang cooling down, paling hanya 1 yang masih aktif, yang dari Kroasia ini. Dan memang secara desain saya paling suka yang dia, walaupun bentuk desainnya itu semua designer sama, kan udah ada guideline dan stylenya. Namun, sebetulnya bagian dia ini memang bagian yang bisa lebih banyak eksplor, yaitu mobile app dan dashboard home page, (ini yang suka ngga diperhatiin para design lead/manager ketika banding-banding desain, deh! belum apa-apa judging personal, kalopun emang iya ada perbedaan quality, pikirin dulu aspek lain dong….woi). Jadi kalau memang ada desain yang lebih bagus, liat juga dong scope desainnya, guidelinenya (misal masih pake yang lama atau udah baru), lalu kontennya gimana. Kalau ngga punya empati mening jangan jadi leader 😕 kasian anak-anak lu (based on article soal leadership). Dan designer tsb juga kepake di desain marketing, diminta CEO nya. Yang desain banner product launch dia, dengan mengikuti style yang udah ada.
Nah saking bisa eksplor ketika desain app, ya jadinya tau-tau ngga konsisten dan ngga sesuai guide, hehe…jadinya ya saya tinggal ingetin aja sih seperti gimana yang seharusnya, karena dia kan baru masuk tiba-tiba langsung mendesain, dan sayapun kondisi lagi rapihin sana sini di bagian komponen. Kalau ada komponen dan element visual baru dan oke, pasti saya simpan atau jika sudah diimplemen developer dan itu oke, mau ngga mau saya minta designer lainnya ikuti yang itu.

Users di startup kecil
Berhubung startupnya baru, dan real users (paid) juga baru ada, jadi ibarat baru mulai, bedanya product udah launch versi 2. Dan versi 2 inilah ketika ada paid users. Memang ngga mudah menomor satukan user di startup kecil, walaupun untungnya ngga awam-awam banget soal user mereka, karena setidaknya mereka sadar user, butuh user jadi ngga mungkin ngga peduli sama. user. Hanya saja kita harus inisiatif bisa ambil peluang. Gimana dan kapan aja kita bisa ngingetin dan mewadahi hal-hal yang berkaitan dengan user. Misal contohnya, saya bikin channel #user-feedbacks, biar segala soal user dicollect di sana, jangan di channel lain. Jadi kita enak bacanya dan mengkategorikannya nanti. Belakangan channel yang dibuat ini diceritakan juga oleh CTO ketika interview kerja designer, saat kandidat nanya flow kerja selama ini. Wah, terharu juga hehe, intinya dengan segala keterbatasan yang ada, ya inilah salah satu upaya/usaha kita bareng-bareng, kaya gitu. Karena kalau mau ngejar bener dan sempurna, semua orang sakit disuruh berobat di luar negeri aja sekalian.
Mereka pikir kalo lapor soal user, biasa aja kaya chat biasa, “📢🗣Halo..halo..user ini bilang begini…📢”, itu padahal perkataan berharga 💎💎 💎 💎 💎 💎 (setidaknya bagi designer), dilempar di grup ‘All‘, kan sayang 😅, lebih baik diwadahi untuk kemudian nanti kita sortir. Lalu segala yang berkaitan dengan UX coba dibuat wadahnya. Channel #UX udah ada tapi terlalu broad. Misal ada juga saya buat channel #ideation, biar ada wadah untuk nyampein ide-ide baik berupa sketch atau apapun. Belakangan CEO nya malah keasyikan jadi bikin sketch, tapi gpp lah better daripada ngga ada proses sama sekali. Saya pun sadar diri masih belajar soal product knowledge nya. Gitu deh kalo B2B yang spesifik. Ibaratnya kan mana gue tau soal lift, eskalator. Lama lagi kan…Ya udah gerak aja dulu yang bisa digerakin, yang penting menuju arah ke ‘sono’…..(baca: totally ucd -user centred design). Saya juga lihat ada task list di backlog untuk user testing, ini juga pasti kenapa saya diminta les bahasa Inggris sampe maksimal. Walau udah cukup saya ngerasanya untuk speaking berdasarkan review guru dan team pihak tempat kursus namun untuk sampai listening beragam logat non native masih sulit memang.
Back to hiring
Setelah berhasil rilis app versi 2, kita memang agak rehat tak tertulis dulu namun back to focus on hiring. Mungkin nanti dipisah blognya jika saya niat, ngga males, dan ingat. Yang pasti hiring itu melelahkan, ini juga boleh dibilang pengalaman hiring yang intens untuk pertama kalinya. Karena waktu kerja di big tech, kuasa hire designer itu ngga sefleksibel dan setrust developer. Saya liat developer bahkan yang kantor Bandung saat itu pada ikut terjun hire, beda dengan designer, cuma orang tertentu atau posisi tertentu aja yang hire. Yah gitu, deh. Jadi saya baru tahu, kalau hire itu butuh waktu bulanan dapetnya, karena yang lamar kuantitas banyak, dan kalopun ada kualitas itu sangat kebanyakan yang masuk (jadi jumlahnya mirip lowongan big tech, sejak dipublish sama investor kita, Antler). Sedangkan yang ngecek saya doang. Yah, begitulah, nanti aja mungkin cerita soal ini. Dan insya Allah udah pada mau final round. Intinya kendala orang Indonesia itu di bahasa Inggris aja. Makannya jadi lama. Walaupun ada juga kandidat negara lain, baru sekarang nih saya filtering kandidat dari negara lain. Semoga aja bulan depan udah ada keputusan yang mana. Untuk hiring, terlepas darimana, saya udah ada pilihan, tinggal Allah yang menentukan gimana CEO bereaksi.
Sisanya yang saya mau lakukan dengan segala keterbatasan startup baru, yaitu mau collect semua feedback users (walaupun koq rata-rata malah fitur request, di B2B emang lumrah fitur request), untuk dibuat prioritas, kalau bisa berupa online workshop bersama core-team. Untuk menentukan design principle kaya gitu kayanya kalo team kecil belum perlu ya, kalaupun nanti perlu harus ketika sudah ada designer lain, jangan dari sekarang pas saya sendirian. Jadi what to do nya lebih banyak berupa inisiatif, figure out sendiri dan helping others sih. Ibarat suami siaga, ini designer siaga dalam keluarga.
Saya harus komit sama perkataan sendiri ketika interview: serve, empathy